Artikel : Bagaimana Merencanakan Masa Depan Buah Hati Anda Melalui Nama Bayi nya
Selebrity
Nama Bayi
Masa Kehamilan
    Tri Semester I (1-3 bulan)
    Tri Semester II (4-6 bulan)
    Tri Semester III (7-9 bulan)
    Umum
Pra Melahirkan
Pasca Melahirkan (0-12 Bln)

Masa Batita (1-3 Tahun)
    Makanan Batita
    Mainan Batita
    Dongeng Batita
    Umum

Masa Balita (3-5 Tahun)
    Makanan Balita
    Mainan Balita
    Umum

Perioritas Utama Orang Tua terhadap Tiga Tahun Pertama Anak Anda
Posted 31 - Jul - 2012

‘’Perlu didorong lebih agresif lagi upaya mendidik dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan bergizi untuk mendukung pertumbuhan optimal,’’ urai  dr Soedjatmiko SpA(K)

Dari sebuah survei  yang diambil oleh Riskesdas 2010 menggambarkan bahwa meskipun prevalensi gizi buruk turun dari 5,4 persen pada 2007 menjadi 4,9 persen tahun 2010, angka tersebut belum menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Salah satu akibat terburuk dari kekurangan gizi akut yang dikhawatirkan adalah pendek/kerdil (stunting) pada anak-anak. dr Soedjatmiko menjelaskan, pertumbuhan balita akan optimal apabila didukung dengan nutrisi lengkap dan seimbang.

Asupan gizi buruk pada anak yang berusia 1 hingga 3 tahun, menurut pengurus Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini, berisiko pada lemahnya KECERDASAN anak di kemudian hari.  Sayangnya, bila di desa-desa banyak anak bergizi buruk, orang mampu di kota mengalami kurang gizi. Meski tak sejelek  kondisi gizi buruk, tapi tetap saja ini seperti sebuah ‘lampu kuning’,  ‘’ Hati-hati pada anak di bawah tiga tahun, jaga pertumbuhan otaknya,’’  katanya.

ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik untuk mendukung pertumbuhan karena menyediakan nutrisi pertumbuhan lengkap seimbang untuk mencapai pertumbuhan optimal si kecil. Untuk pertumbuhan optimal si kecil dibutuhkan pemenuhan nutrisi Esensial yaitu nutrisi untuk pertumbuhan fisik (karbohidrat, lemak, protein, multivitamin, dan multimineral) dan nutrisi tambahan untuk pertumbuhan otak.

FFI trade marketing director  Hendro Harijogi Poedjono,  menyinggung pendapatan per kapita di Indonesia sebesar tiga ribu dolar AS menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan.

Seperti kita ketahui konsumsi susu per bulan penduduk Indonesia sebelum krisis pada era 1990-an, sebesar tujuh liter.  Pada 2011, konsumsi sebesar 11 liter. Hendro memperbandingkan dengan Vietnam yang dalam 10 tahun meningkat menjadi 12 liter. Ini menunjukkan bahwa nutrisi belum menjadi perhatian kita.

Soedjatmiko yang juga Ketua Divisi Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di RSCM Jakarta ini memberikan cara mudah bagi orang tua untuk memberikan makanan lengkap seimbang pada buah hati mereka yang berada usia teramat penting 0-3 tahun. Berikan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin lewat sayuran dalam tiap setiap suap makanan, ujarnya.

Dan dr. Soedjatmiko juga mengimbau dukungan keluarga pada masalah gizi anak. Hendaknya orang tua meninjau ulang prioritasprioritas yang dibuat dan menempatkan gizi anak pada porsi yang  utama.

Saji : Rudyartinama – (Semoga menjadi Inspirasi dan grafologi nama menjadi salah satu petimbangan dalam memberi Nama Bayi buah hati Anda. Amien)

RECOMENDED READING