Artikel : Bagaimana Merencanakan Masa Depan Buah Hati Anda Melalui Nama Bayi nya
Selebrity
Nama Bayi
Masa Kehamilan
    Tri Semester I (1-3 bulan)
    Tri Semester II (4-6 bulan)
    Tri Semester III (7-9 bulan)
    Umum
Pra Melahirkan
Pasca Melahirkan (0-12 Bln)

Masa Batita (1-3 Tahun)
    Makanan Batita
    Mainan Batita
    Dongeng Batita
    Umum

Masa Balita (3-5 Tahun)
    Makanan Balita
    Mainan Balita
    Umum

PERSIAPAN ORANG TUA DALAM MENYAMBUT KEHADIRAN BAYI DI RUMAH
Posted 20 - Aug - 2012

Pastinya, walaupun sudah pernah mempersiapkan hal ini sebelumnya kadang orang tua lupa lagi – lupa lagi. Nah, apalagi kalau persalinan ini adalah pengalaman pertama Anda.. Gembira bercampur bingung..

Seorang ahli psikologi anak yang terkenal dari Inggris, Penelope Leach PhD  memberikan beberapa tips keren, apa saja yang dibutuhkan bayi mungil anda, ibu, dan sang ayah di hari-hari pertama itu.

Keperluan Buah Hati Anda

Mereka memerlukan makanan dan minuman yang ada dalam kolostrum, dan susu. Mereka memerlukan kehangatan dan kenyamanan dari pelukan, atau pakaian yang lembut dalam tempat tidur yang aman. Mereka memerlukan kebersihan agar kulit lembut mereka tidak lecet, dan mereka memerlukan perlindungan dari dunia luar.

Nah apakah itu ? silahkan Anda terjemahkan dalam kesiapan waktu untuk menjaga dan memberikan pelukan sayang, memilihkan produk-produk yang Anda suka dan sebagainya.

Tempat Tidur Bayi

Pemilihan tempat tidur bayi diantaranya mempertimbangkan, keamanan, kenyamanan dan tentu ukurannya disesuaikan dengan ruangan yang tersedia. Pada saat anda memilih boks untuk bayi, jarak antara jeruji sebaiknya tidak lebih dari 8 cm, untuk mencegah kepala bayi masuk ke dalam jeruji tersebut. Jika jarak antar jeruji terlanjur lebar, anda dapat memberi busa pengaman didinding boks. Selain berfungsi untuk mencegah kepala bayi masuk dalam jeruji, juga menjadi bemper ketika bayi telah dapat membolak-balik.

Usahakan tidak ada tepian kayu yang bersiku runcing. Bila anda menghendaki tempat tidur tersebut bisa agak lama dipakai, kira-kira sampai si kecil berumur lima tahunan, maka pilihlah yang agak besar. Tentu saja pilihan tersebut menyesuaikan dengan ruang yang tersedia.

Peralatan Mandi

Bayi memerlukan bak mandi untuk peralatan mandi. Biasanya berbentuk bulat atau oval atau persegi sesuai selera anda. Andapun dapat memilih yang beralas rata atau yang memakai penahan pantat untuk mencegah bayi tergelincir.

Akan jadi lebih mudah memandikan bayi dengan cara anda berdiri, apalagi pada awal-awal anda pasca persalinan. Untuk itu diperlukan meja atau kaki peyangga bak ( bisa dibeli satu set dengan bak mandinya). Istri anda tak perlu berjongkok saat memandikan (  terutama jika dia memerlukan beberapa jahitan pada proses kelahiran.)

 Kereta Dorong

Anda akan menyediakan atau tidak, sebaiknya melihat keadaan keuangan anda, karena kereta ini hanya dipakai sesaat dan tidak sampai bayi beranjak besar.

Keuntungan  memiliki kereta dorong  adalah  Anda dapat lebih sering membawa serta bayi anda pada setiap kegiatan, dirumah atau diluar rumah tanpa perlu selalu menggendongnya.

Pakaian Bayi

Pertama kali memiliki bayi mungkin kesulitan memperkirakan berapa jumlah dan apa saja macamnya yang diperlukan. Bayi anda membutuhkan baju paling tidak satu lusin atau satu setengah lusin. Sebaiknya ada yang berlengan, tidak berlengan dan yang berlengan panjang. Pilihlah yang tidak terlalu kecil hingga bisa dipakai paling tidak selama satu-dua  bulan. Setelah itu memang dibutuhkan baju-baju lain yang lebih besar.

Bahan yang dipakai sebaiknya yang menyerap keringat  dan berserat halus seperti katun dan kaus. Jika berkancing, yang tupis dan rata sehingga jika bayi membolak-balik badan, kancing tidang mengganjal atau melukai bayi. Jangan mengeluh jika baju bayi anda segera tidak dapat dipakai, artinya bayi anda tumbuh besar.

Gurita bayi diperlukan pada saat bayi baru lahir hingga kira-kira usia satu - dua bulan. Tergantung besar kecilnya bayi anda. Rasanya lebih mudah dan aman menggendong ketika bayi memakai gurita, apalagi jika bayi anda berat lahirnya kecil. Bayi-bayi dengan berat lahir cukup besar biasanya segera sesak guritanya pada usia satu bulan, pada saat itu  sebaiknya diganti dengan kaus dalam untuk menjaga kehangatan tubuh bayi atau menyerap keringat. Jumlah gurita yang diperlukan kurang lebih sama dengan jumlah baju bayi. Dewasa ini para dokter sering menyarankan untuk segera memakaikan kaus dalam pada bayi, agar bayi tidak sesak nafas dan pertumbuhan dadanya optimal.

Perlengkapan Tambahan

Bedong bayi adalah kain segi empat atau memanjang seperti selendang yang digunakan untuk membungkus bayi agar hangat dan nyenyak tidurnya. Di bulan-bulan pertama, bayi membutuhkan waktu tidur yang sangat banyak. Dengan dibedong atau digedong, ia lebih pulas dan lama tidurnya sehingga andapun bisa cukup istirahat untuk memulihkan kondisi pasca persalinan. Kehangatan sebagaimana keadaan ketika berada dalam kandungan juga diperlukan bayi. Si kecilpun akan lebih jarang mengompol jika merasakan kehangatan. Bahan yang sering digunakan adalah flanel atau katun.

Alas kain untuk ompol diperlukan agak banyak agar pipis bayi terserap tidak tumpah ke sprei atau mengenai baju dan pakaian dalam bayi.

Pampers. Pemakaian pampers pada bayi sebaiknya diminimalkan pada malam hari saja, agar anda dan istri tidak repot untuk terlalu sering bangun malam.

Piranti lain seperti sprei, selimut, sarung bantal dan guling dibutuhkan beberapa untuk dapat diganti  setiap hari  atau setiap kali kotor, kena keringat, air kencing atau muntahan bayi.

Bantal bayi anda butuhkan lebih dari satu karena seringkali basah kena keringat atau muntahan bayi. Pilihlah yang terbuat dari bahan yang bisa dicuci seperti busa atau dakron. Pilihlah yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu kecil. Bantal yang tebal akan membuat posisi bayi tidak nyaman dan bisa jadi membuat tulang belakangnya kurang rata ketika tidur terlentang. Bantal yang tebal dan  tinggi menyebabkan kepala bayi mudah tergelincir. Lebih baik juga memilih bantal yang bisa membantu pertumbuhan bentuk kepala yang ideal, tidak menjadikan tepes atau peyang.

Kerudung kelambu bayi. Pilihlah yang aman, tidak mudah terlipat dan agak besar agar bisa dipakai sampai beberapa bulan. Jika anda memakai boks, sebaiknya juga dilengkapi kelambu. Obat-obat anti nyamuk sebaiknya tidak digunakan, apapun bentuk sediaannya.

 

 “tidak perlu khawatir terhadap perawatan rutin seperti : mandi, pakaian tidur yang khusus,''.. Yang terpenting, anda tidak  perlu memaksakan rutinitas waktu makan, waktu istirahat, dan juga tidur malam. Bayi yang baru lahir lebih banyak tidur-tidur ayam-nya ketimbang tidur pulasnya. Mereka juga menyusu sedikit saja tapi sering. Leach mengingatkan, Anda tak bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan mengharapkan mereka dengan beberapa kali waktu makan dan bermain atau tidur dengan tenang selama beberapa jam seperti kita pada umumnya.

“di hari pertamanya di rumah, kebutuhan bayi Anda adalah Anda, ASI, dan kenyamanan,'' ujar Leach. Untuk itu, selimuti bayi Anda, gendonglah di dekat dada, beri ASI saat ia lapar, berbicaralah padanya ketika matanya menatap mata Anda. Berilah dia kenyamanan dan kedamaian.

 

Kebutuhan ibu

Nasihat Penelope Leach untuk  para ibu yang baru saja melahirkan. ''Cobalah untuk tak berharap terlalu banyak pada diri sendiri ketika Anda pertama membawa pulang bayi ke rumah,'' info-nya.

walaupun persalinan berlangsung normal, tetapi ibu tetap memerlukan bantuan dan dia berhak memperolahnya. Setidaknya sampai beberapa hari setelah persalinan, Ibu memerlukan seseorang yang mengurusi rumah tangga dan mengurusi kebutuhan fisiknya.

Ibu membutuhkan bantuan emosional dari seseorang yang memberikan kasih sayang padanya sementara ia melimpahi kasih sayangnya pada si bayi. Suami, orang tua menjadi sebaik teman/keluarga yang dapat menentramkannya.

Bisasaja suami mengambil cuti di rumah dan melakukan semua itu sambil mengeratkan diri dalam satu keluarga yang berbeda. ''Namun kalaupun suami bekerja, dia tetap bisa memberikan dukungan emosional pada Anda,'' ujar penulis buku klasik Your Baby & Child: From Birth to Age Five ini.

Menurut-nya, seorang ibu yang baru melahirkan memerlukan seseorang untuk melakukan tugas-tugas praktis kerumahtanggaan. Orang itu bisa ibu, mertua, ipar, atau siapa saja. Orang yang bisa membantu kesibukan Anda dan suami tanpa disuruh lagi. Mereka sudah bisa otomatis melakukan pekerjaan dasar membersihan rumah, kebutuhan memasak, pakaian dan lainnya yang bersifat major. Dan pastikan juga Anda mendapat dukungan dari dokter anak yang bisa dihubungi setiap waktu jika tiba-tiba anda bingung terhadap kondisi buah hati.

 

Kebutuhan sang ayah

Sewaktu Anda berniat menjadi seorang ayah dengan partisipasi penuh, ikut sibuk dan menunggui proses kelahiran, menjadi suami yang SIAGA (siap antar dan jaga) ternyata ada beberapa hal yang juga anda memperhatikan kebutuhan sang ayah. Psikolog senior ini menyarankan Anda, para ayah, agar memastikan Anda merasa nyaman. “ hindarilah dari hal yang bisa membuat Anda merasa terasing.''

Anda betul-betul perlu terlibat dengan si bayi dengan sepenuh hati, dengan begitu kebutuhannya menjadi penting bagi Anda dan juga istri. Leach hampir bisa memastikan, para suami bakal menyesal jika tak terlibat dalam jalinan hubungan yang mendalam ini. ''Nikmatilah dengan rasa bangga kemampuan unik Anda dalam memfasilitasi hubungan dalam keluarga yang baru terbentuk ini,'' ujarnya

Buah hati pun akan merasakan frekwensi-frekwensi yang mendekatinya di awal kehidupannya, sinyal ketulusan ayah, kedekatan, kasih sayang ayah akan menjadi lem perekat kedekatan orang tua dengan putra/i-nya.

Berbagai sumber : Rudyartinama –  (Semoga menjadi Inspirasi dan grafologi nama menjadi salah satu petimbangan dalam memberi Nama Bayi buah hati Anda. Amien)

Memeluk Bayi, membuat Buah Hati Anda menjadi Lebih CERDAS.
Posted 14 - Jun - 2012

“Kata orang tua zaman dulu, anak jangan sering digendong nanti bau tangan dan jadi manja. Hmm saya malah jadi penasaran benarkah mitos tersebut, lalu saya coba browsing dan tanya-tanya, ternyata bayi yang banyak digendong tidak menjadi manja dan tergantung kepada orang lain.


Seorang anak selain harus banyak digendong harus juga banyak dipeluk, diberi kasih sayang sehingga saat besar dia menjadi percaya diri dan mandiri.
Sentuhan bisa menstimulasi segala sesuatu, mulai dari bernapas dalam-dalam, mengembangkan sistem kekebalan tubuh sampai optimalnya kondisi emosional. Studi menunjukkan, bila ditelantarkan, bayi baru lahir yang hampir tidak pernah digendong atau dipeluk akan mengalami masalah emosional dan perkembangan.


Melalui pelukan, cinta dan perhatian yang lebih baik, ternyata hasilnya sangat berbeda sekali : Kontak fisik yang banyak akan memicu pertumbuhan bayi, bahkan bisa mempengaruhi perkembangan bayi yang lahir prematur. Sentuhan dan pelukan memiliki nilai khusus dalam perjalanan hidup manusia, Namun, yang perlu diperhatikan, yang paling berarti adalah proses ini yang terjadi dalam tahun pertama kehidupannya (0-12 bulan)


Ini adalah cara yang paling baik untuk berkomunikasi dengan si kecil, apakah Anda ingin menunjukkan bahwa ia aman, dicintai, atau ketika Anda ingin bilang: "Ini waktunya bobo, sayang." Kathleen Groom-Nguyen dari Jamaika Plain, Massachusetts, melakukan sentuhan untuk menenangkan Liam , anak laki-lakinya yang berusia tiga bulan. "Ia kurang suka kalau 'ditengkurapkan'. Setelah beberapa menit, saya akan menelentangkannya, memijat-mijat perutnya, dan sedikit menggelitikinya. Biasanya sih, ia langsung berseri-seri lagi.
" Bayi baru lahir: Belajar dari kangguru Bayi prematur sering menghabiskan waktu sampai berminggu-minggu atau bahkan lebih lama di NICU (Neonatal Intensive Care Unit ). Tentu saja, tindakan ini harus dilakukan, namun sentuhan seharusnya menjadi bagian dari proses penyembuhannya. Dengan metode “ kangaroo care “, yang pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970an dan kini sangat populer, mama akan menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari memeluk bayi prematurnya (ada kontak antara kulit bayi dengan kulit Anda).


Memeluk erat-erat bayi yang baru lahir akan menenangkannya. " Will lahir cukup bulan dan dalam kondisi sehat. Meski begitu, saya dan suami sering melakukan kontak kulit bersamanya karena kami yakin itulah yang terbaik untuknya, "kata Robin Holmesdari Los Angeles. "Saya jarang mengenakan blus saat menyusuinya di rumah, dan kadang-kadang ia langsung tengkurap di atas dada telanjang suami." Sentuhan ini juga membuat Will tetap tenang. "Begitu ia rewel menjelang tidur siang, saya langsung mendekapnya dan tangan saya membelai-belai kepalanya. Cara ini benar-benar membuatnya relaks. "Menghadapi kegelisahan bayi.

Tahukah Anda, bahwa pelukan mama itu adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit si kecil? Hal ini ditemukan melalui penelitian yang dilakukan Dr. Elliott blass, Ph.D. , profesor di departemen psikologi dan neuroscience di University of Massachusetts, Amherst. Dr. Blassjadi.
Mendekap erat-erat bayi, ini sangat menenangkan - saya pikir ini mengingatkannya lagi saat meringkuk di rahim Anda. Dan bagaimana Anda bisa menolaknya? Bayi kan begitu lembut dan menggemaskan! " Tangan yang kokoh, namun lembut Ternyata, sentuhan bukanhanya bisa menstimulasi reaksi psikis.Sentuhan itu juga bentuk komunikasi. Dan bagaimana Anda menyentuh bayi Anda terbukti bisa memancing reaksi yang berbeda-beda. Sementara sentuhan ragu-ragu mencerminkan ketidak pastian, ketakutan, dan ketidaknyamanan; sentuhan yang mantap memberi sinyal, berupa rasa aman, dilindungi, dan penuh cinta, kata Tiffany Field, Ph.D. , direktur Touch Research Institutes di University of Miami School of Medicine.

Dari berbagai sumber.

Doa ibu yang sedang menyusui QS26 (Asyu'ara) ayat 78 - 80
Posted 14 - Jun - 2012

???? ????? ??? ?????) 78 (????? ?? ?????? ??????) 79 (???? ???? ??? ????? 80
78. "(Dia-lah Allah SWT) yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku",
79. "Dan Dia-lah Tuhan yang memberiku makan dan minum",
80. "Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.,

Do'a untuk bayi yang baru lahir sesudah di adzankan
Posted 14 - Jun - 2012

- ???? ? (??) ???????????? ?? ???? ?? ???
"Ya Allah Yang Maha Esa, tempat semua orang meminta, aku mohon perlindungan-MU untuk anakku dari segala kejahatan orang yang hasad / dengki ".
Ket: ? = jika bayinya laki-laki ?? = jika bayinya perempuan
- ????? ??? ????? ?????? ???? ?????? ?? ?? ????? ????? ??? ?? ??? ?? ??
"Ya Allah dengan segala kesempurnaan kalimat-MU, aku mohon perlindungan untuk anakku dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan setan, dari gangguan semua binatang, dan dari gangguan pandangan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya".

BAYIKU SERING NGULET/MENGGELIAT
Posted 14 - Jun - 2012

Beberapa diantara buah hati kita ada yang dihadapi dengan kekhawatiran, Mengapa bayi kami sering kali Ngulet/Ngeluet/Menggeliat. Wajahnya sampai merah/biru seperti mengeden dan mengeluarkan suara kecapaian. Ada apa, normal atau tidak ?
Kekahawitaran orang tua menghadapi kondisi seperti ini wajar, mengingat kadang terjadi diawal masa kelahiran bayi (bulan pertama kelahiran)..
Ngulet adalah gerakan yang biasa dilakukan oleh bayi bahkan kata orang dewasa pun biasa melakukannya. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika bayi sering menggeliat/ngulet, karena belum ada penelitian   yang   membuktikan   adanya   indikasi gangguan pada bayi. Ngulet pada bayi menandakan kemampuan motorik bayi berkembang baik karena pada saat bayi ngulet, seberapa bagian tubuhnya bergerak sekaligus secara bersamaan  seperti kedua tangan, kaki  pantat dan punggung. Jika bayi mempunyai kelainan pada otot-otot tubuhnya maka menggeliat sekecil apapun akan sulit dilakukan. Menggeliat bisa diartikan seperti gerakan stretching (pemanasan otot).
http://www.farmasiku.com/index.php?target=pages&page_id=Kebiasaan_Bayi

Beberapa pendapat orang tua yang buah hatinya mengalami hal yang sama memberikan sarannya :
“ menurut pengalaman saya.itu msh wajar kok bunda.ntar klo da lewat 40hr jg berkurang nguletnya. biar ga lama nguletnya, ditengkurepin aja bunda. nanti bayinya bisa sendawa / kentut sendiri. kalo da keluar anginnya, nguletnya berkurang n ga merah2 lg mukanya. da plong perutnya. semoga bermanfaat  “
Pendapat Ibu lain mengatakan :
“waktu putri saya berusia 3 bulanan....saya ingat betul dia sering melakukan ini...saya sempat bertanya kpd dktr anak saya...dokter bilang suka menggeliat kemungkinan perutnya kembung, bnyk berisi gas atau bisa jg kolik. Dia menggeliat bisa jd sdg berusaha ngeluarin gas dlm perutnya. Penanganannya kasih minyak telon/minyak kayu putih aja di perutnya. Kemungkinan lain anak suka menggeliat, dia kurang sendawa. Kalo susah sendawa yg ditepuk2 itu, tengkurapin aja anaknya. Pasti ntar sendawa sendiri pas dia ngangkat kepala. Smoga ini bisa menjawab rasa keingin tahuan dr bunda ...salam...”
Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

RECOMENDED READING